Rabu, 15 Januari 2014

Sistem Kerja AC



MENGENAL MASALAH AC & PENANGANANNYA - I

1. Mengapa AC tidakdingin?


Air conditioner pada dasarnya terdiri dari 2 bagian; evaporator (indoor) dan kondensor (outdoor). Evaporator berperan sebagai blower untuk menghembuskan udara dingin yang dihasilkan kondensor. Jika tidak ada udara dingin yang keluar dari evaporator maka kondensor mungkin tidak bekerja. Kemungkinan lain adalah:

Unit AC terlalu kecil Refrigerant (R22) gas (Freon) mungkin sudah habis Kondensor kotor yang mengakibatkan ketidakmampuan dalam menghasilkan udara dingin Pengaturan suhu yang terlalu tinggi Evaporator kotor yang mengakibatkan lemahnya hembusan udara dingin Penempatan AC yang salah.

2. Mengapa air menetes dari AC (bocor)?
Pada unit AC biasanya terdapat air kondensat didalam evaporator dan dilepaskan melalui pipa drainase/saluran pembuangan. Saluran pembuangan yang tersumbat oleh kotoran akan menyebabkan kebocoran. Kemungkinan lain adalah refrigerant terlalu sedikit, atau bisa juga disebabkan oleh pemasangan pipa pembuangan yang tidak benar.

3. Mengapa AC tidak hidup?
Salah satu sebab yang umum adalah tidak adanya aliran listrik ke unit AC. Lakukan pemeriksaan pada panel listrik untuk memastikan bahwa aliran listrik ke AC tidak terpotong.Teknisi yang berpengalaman dibutuhkan untuk mengatasi masalah kelistrikan ini.

4. Apa keuntungan dari service AC secara teratur?
Service AC secara rutin akan memberikan manfaat: Kapasitas pendinginan oleh AC menjadi lebih baik Konsumsi listrik lebih hemat Meminimalisir masalah kebocoran air AC tidak mudah rusak sehingga tidak sering memerlukan perbaikan Masa pakai AC menjadi lebih lama.

Bersambung ke http://rentalacserang.blogspot.com/2014/01/service-ac.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar