Rabu, 15 Januari 2014

Service AC



MENGENAL MASALAH AC & PENANGANANYA - II

5. Seberapa sering service AC diperlukan?
Secara umum disarankan untuk AC portablel diperiksa dan dirawat setiap 3 bulan sekali. Frekuensi ini dapat berbeda-beda tergantung pada cara pemakaian dan faktor-faktor lain. Anda dapat meminta saran/konsultasi pada teknisi yang berpengalaman.

6. Dapatkah saya melakukan perawatan AC sendiri?
Perawatan dasar yang disarankan adalah membersihkan filter udara dan panel AC setiap dua minggu sekali. Hal ini cukup membantu menjaga AC tetap berfungsi baik.

7. Mengapa AC berisik?
Suara berisik dapat disebabkan oleh:a. Getaran yang diakibatkan oleh evaporator maupun kondensor yang sudah kotorb. Komponen-komponen didalam unit AC mungkin kendor. Komponen-komponen didalam unit AC mungkin sudah rusak.

8. Mengapa AC mengeluarkan bau tidak sedap?
Bau tidak sedap timbul dari bakteri yang terbentuk didalam evaporator yang sudah kotor. Jika bau tersebut sudah sangat menyengat, Anda membutuhkan chemical treatment untuk mengatasi masalah ini.

9. Mengapa AC memerlukan chemical cleaning/overhaul?
Chemical cleaning/overhaul merupakan cara yang menyeluruh dalam membersihkan unit AC. Ketika sebuah AC sudah tersumbat parah dan service ringan tidak dapat memperbaiki kondisinya, maka chemical cleaning diperlukan. Pada saat overhaul, unit AC dibongkar bagian demi bagian dan dibersihkan secara kimiawi.

10. Mengapa evaporator/fancoil perlu dibongkar pada saat chemical cleaning?
Dengan membongkar evaporator, komponen-komponennya dapat dibersihkan seluruhnya. Hal ini akan membuat AC lebih bersih dari kotoran dan residu kimia yang dapat mengakibatkan karat pada evaporator.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar